Wakil Gubernur Lampung, Joko Umar Said mewakili Gubernur Lampung Sjachroedin ZP saat membubuhkan parafnya pada prasasti peresmian gedung baru Utomo Bank di jalan Raden Intan No. 93 Tanjung Karang, Bandarlampung, Selasa (20/5). (foto robin ali/lampung newspaper)

Bank Utomo yang menempati posisi 10 besar secara nasional dan tergolong kedua terbesar untuk di Provinsi Lampung. Dengan kedudukan Bank Utomo saat ini, terbukti kinerja Bank Utomo dalam roda UMKM terus meningkat. Saat ini saja tercatat perolehan aset Bank Utomo telah mencapai Rp1 triliun, perbandingan 15 persen dari tahun lalu, jelasnya.

Sementara, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Lampung Besari mengatakan, peranan strategi serta fungsi Bank Utomo sebagai lembaga pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ini berperan penting meningkatkan pencapaian keuangan yang baik.

Hingga 31 Maret 2014 di Provinsi Lampung telah beroperasi 41 bank umum, 33 Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Untuk bank umum dengan total aset mencapai Rp50 triliun, Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp29 triliun, Pembiayaan Kredit capai Rp44 triliun, tumbuh ditahun ini 16,4 persen year on year (yoy), tuturnya.

Untuk BPR, kata Besari, tercatat perolehan aset di tahun ini mencapai Rp7 Triliun, Dana Pihak Ketiga capai Rp3,6 Triliun, pembiayaan Kredit Rp6 Triliun. Masing-masing perbandingan asset 19,9 persen, DPK 7,28 persen, dan Pembiayaan Kredit 21,6 persen, ujarnya.