Jumat, 21 November 2025 |

Produk

FAQ Utomobile


Utomobile merupakan aplikasi mobile banking dari PT. BPR Utomo Manunggal Sejahtera Lampung yang dikembangkan untuk memberikan kemudahan pada Nasabah agar bisa melakukan semua jenis transaksi finansial melalui aplikasi smartphone dimana saja dan kapan saja


Transaksi dimana aja, kapan aja bisa dilakukan secara Cepat, Mudah dan Aman.

Ya. Anda bisa mulai dengan melakukan pengajuan menjadi nasabah pada kantor BPR Utomo terdekat.

Utomobile memiliki fitur yang akan mempermudah hidup anda. Ini dia layanan yang dapat anda gunakan saat ini:


Rekeningku:

l  Informasi saldo tabungan

l  Mutasi rekening

l  Deposito


Transfer:

l  Transfer antar rekening

l  Transfer antar Utomo

l  Transfer antar bank

l  Transfer antar bank BIFAST


e-wallet:

l  Gopay

l  Ovo

l  Shopeepay

l  Dana

l  Linkaja


Pembayaran:

l  PLN

l  PDAM

l  Telkom

l  Pasca Bayar Telpon

l  BPJS

l  PLN Non Taglis

l  TV Kabel

l  Pajak

l  Multi Finance

l  Gas/ PGN

l  Pajak Kendaraan

Pembelian

l  Paket Data

l  Voucher Prabayar Telepon

l  Token Listrik

l  Voucher Game

UtomoCash

l  Tarik Tunai Indomaret (segera hadir)


Utomobile saat ini kompatibel untuk:
- Android versi 8 (Oreo) ke atas, di handphone Android
- iOS versi 12 ke atas, di iPhone

Mohon Maaf. Anda belum bisa mengakses Utomobile dari handphone Anda.

Ya, Utomobile terdapat biaya tambahan yaitu biaya admin transaksi yang terinci dalam tabel dibawah ini:

Fitur

Limit

Biaya Admin

Transfer Antar Rekening

25 Juta/ Hari

Bebas Biaya

Transfer antar Bank

6.500

Tarik Tunai Indomaret

5 Juta/ Hari

7.500

Pembayaran

PLN Pra/Pascabayar

3.000

PLN Non Taglis

5.000

PDAM Lampung

2.800

Telkom

2.500

Pascabayar Telepon

Asuransi

BPJS Kesehatan

TV Kabel

Pulsa

Telkomsel, Indosat, XL/Axis, Three, Smartfren,
Telkomsel byU

1.500

e-wallet

Gopay, ShopeePay, Ovo, Dana, LinkAja

2.000


Warga Negara Indonesia berusia 17 tahun keatas, memiliki dokumen pendukung.

Anda perlu memasukkan email saat registrasi untuk berbagai keperluan, seperti:
1. Menerima Password Awal (acak)

2. Menerima update terbaru dari Utomobile

Password berfungsi sebagai kunci untuk masuk ke aplikasi, terutama saat Anda tidak mengaktifkan biometrik.
Jangan pernah beritahukan password pada siapa pun, termasuk pihak yang mengaku dari Utomobile / Pihak Bank untuk keamanan info pribadi dan transaksi Anda dan mencegah orang lain mengakses akun Anda.

Maaf, Aplikasi Utomobile memerlukan koneksi internet untuk mengakses layanan utomobile / login

1. Masuk ke aplikasi Utomobile melalui handphone baru.
2. Masukkan nomor handphone yang terdaftar di Utomobile.
3. Masukkan Username dan Password.
4. Masukkan kode OTP

  • Keamanan Utomobile dilengkapi dengan adanya PIN, password, login menggunakan biometrik, dan Kode OTP.
  • Utomobile menyimpan kerahasiaan dan keamanan informasi diri yang Anda berikan. Penggunaan data Anda juga akan kami lakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Segera laporkan ke Call Center 0721-241222 melalui telepon / Email ke customer_care@utomobank.com, maupun dapat melalui Chat Whatsapp Resmi BPR Utomo, +628117270705

Bisa, tetapi Anda harus datang kekantor BPR Utomo untuk pengkinian data diri Anda.


Jika handphone Anda hilang, ini yang harus Anda lakukan:

  1. Segera menghubungi call center di 0721-241222 untuk melakukan pemblokiran.
  2. Masuk ke aplikasi Utomobile melalui handphone baru.
  3. Masukkan nomor handphone lama.
  4. Masukkan Username dan Password.
  5. Masukkan OTP.
  6. Segera ubah password Anda untuk langkah pengamanan tambahan.


Login biometrik adalah cara cepat untuk login ke dalam aplikasi Utomobile menggunakan fitur Face Recognition (IOS) atau Fingerprint (Android) di handphone Anda.
Berikut cara mengaktifkan login biometrik untuk login Utomobile melalui Pengaturan di handphone
Anda:

  1. Pastikan Anda sudah mengaktifkan Face Recognition/Fingerprint di handphone.
  2. Masuk Ke Menu Pengaturan, Lalu Ke Menu Pengaturan Login
  3. Tap “Aktifkan Fingerprint/Face ID Login” untuk mengaktifkan/menonaktifkan fitur login biometrik.

Masuk ke menu Transfer di Utomobile, pilih menu rekening sendiri atau antar utomo terus ikuti langkah ini:

  1.  Pilih rekening tujuan
     a. 
    Bisa dari nomor rekening yang sudah pernah disimpan
     b. Bisa juga input nomor rekening baru
  2. Masukkan nominal uang yang akan dikirimkan
  3. Anda bisa tulis catatan (opsional)
  4.  Masukkan PIN
  5.  Selesai!


Tidak ada. Anda bebas transfer ke sesama pemilik rekening BPR Utomo.

Anda akan dikenakan biaya transfer sesuai dengan metode pengiriman.

Histori transaksi bisa Anda cek dengan klik Menu 'Riwayat',  pilih tanggal lalu masukan PIN.

Mohon maaf saat ini layanan Utomobile hanya dapat digunakan di Indonesia.

BI-FAST adalah infrastruktur Sistem Pembayaran ritel nasional yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat (24/7).
Layanan BI-FAST sudah bisa kamu akses di aplikasi Utomobile melalui menu transfer dengan minimum transaksi sebesar Rp10.000 dan maksimal Rp250.000.000


1.        Didalam Menu Transfer, Pilih Menu Antar Bank BIFAST

2.        Pilih Nomor rekening sumber dana

3.        Klik kolom pencarian dan masukkan nama Bank tujuan transfer

4.        Masukan Detail Transfer yang diminta pada kolom yang tersedia, pastikan semua data yang dimasukan tidak salah. Klik Kirim

5.        Sebelum melakukan transfer, cek kembali semua detail data transfer yang diinput, pastikan kembali tidak ada yang salah, lalu klik KONFIRMASI

6.        Masukan 6 digit PIN Utomobile, lalu klik KIRIM

7.        Setelah berhasil, akan muncul pada layar Bukti Transfer, untuk kembali ke halaman awal, Klik BERANDA


Transaksi yang sudah terjadi dan berhasil secara sistem tidak dapat dibatalkan. Namun jika transaksi yang sudah terjadi dan gagal secara sistem serta saldo sudah kembali masuk, maka Anda dapat mencoba kembali transaksinya.

Jika transaksi gagal dan saldo belum kembali ke rekening, maka Anda bisa menghubungi call center BPR Utomo di 0721-241222

Jika menemui kasus seperti ini, Anda bisa menghubungi BPR Utomo di 0721-241222 untuk memastikan status transaksi. Jika status transaksi sudah sukses, maka penerima dapat menghubungi pihak bank tujuan untuk memastikan status transaksi di pihak bank tujuan

1.        Didalam Menu Pembelian, Pilih Menu Paket Data

2.        Pilih 1 nomor rekening yang menjadi sumber dana pembayaran

3.        Pilih Nominal yang diinginkan

4.        Masukan Detail Transaksi yang diminta pada kolom yang tersedia, pastikan semua data yang dimasukan tidak salah. Klik Kirim

5.        Sebelum melakukan transfer, cek kembali semua detail data pembelian yang diinput, pastikan kembali tidak ada yang salah, lalu klik LANJUT

6.        Masukan 6 digit PIN Utomobile, lalu klik KIRIM

7.        Setelah berhasil, akan muncul pada layar Bukti Transfer, untuk kembali ke halaman awal, Klik BERANDA


Biaya transaksi akan dikenakan sesuai ketentuan provider.

Saat ini, e-money yang bisa Anda top up di Utomobile adalah GoPay, OVO, Dana, Shopepay dan LinkAja.

Nominal minimum top up e-money di Utomobile adalah Rp10.000


Pilih menu e-money, setelah masuk terdapat beberapa pilihan e-money yaitu: Gopay, Ovo, Shopee Pay, Dana, Link Aja. Pilih salah 1 e-money dan isi semua data yang diminta oleh aplikasi.

Semua transaksi yang telah dilakukan tidak bisa dibatalkan dengan alasan apapun.

Pada tampilan transfer, terdapat pilihan Simpan daftar favorit, pilih menu tersebut dan masukkan nama pemilik rekening tersebut.

Pada Aplikasi Utomobile, Pilih Bantuan, Lalu Pilih Jaringan Kantor atau dengan Kunjungi website kami di www.utomobank.co.id pilih menu Jaringan – Cabang


Pada tampilan menu awal masuk, terdapat gambar mata di sebelah tampilan jumlah saldo rekening. Anda bisa menekan gambar mata tersebut untuk menyembunyikan jumlah saldo yang anda miliki.

Penutupan rekening dan layanan utomobile hanya bisa dilakukan di kantor BPR Utomo.

Maaf, untuk sekarang Anda belum bisa memiliki Utomobile. Karena syarat registrasi Utomobile harus memiliki KTP.

Data ke Kantor BPR Utomo Terdekat, isi formulir pemeliharaan layanan Utomoble, lalu serahkan pada petugas CS. Dan ikuti langkah-langkah selanjutnya


1.        Pada tampilan login awal, pilih menu Lupa Password

2.        Masukkan username dan ikuti langkah-langkah selanjutnya


Langsung hubungi kami di 0721-241222. Tim kami akan membantu Anda memblokir akun setelah melakukan proses verifikasi terlebih dulu.

Saat ini pengikinian data hanya dapat dilakukan di kantor terdekat .

Anda hanya bisa menggunakan Utomobile di 1 handphone.