FAQ Utomobile
Apa itu Utomobile?
Utomobile merupakan aplikasi mobile banking dari PT. BPR Utomo Manunggal Sejahtera Lampung yang dikembangkan untuk memberikan kemudahan pada Nasabah agar bisa melakukan semua jenis transaksi finansial melalui aplikasi smartphone dimana saja dan kapan saja
Apa keuntungan pakai aplikasi Utomobile?
Transaksi dimana aja, kapan aja bisa dilakukan secara Cepat, Mudah dan Aman.
Apakah saya harus jadi nasabah BPR Utomo untuk registrasi Utomobile?
Ya. Anda bisa mulai dengan melakukan pengajuan menjadi nasabah pada kantor BPR Utomo terdekat.
Apa saja fitur yang dimiliki Utomobile?
Utomobile memiliki fitur yang akan mempermudah hidup anda. Ini dia layanan yang dapat anda gunakan saat ini:
|
Rekeningku: l Informasi saldo tabungan l Mutasi rekening l Deposito |
Transfer: l Transfer antar rekening l Transfer antar Utomo l Transfer antar bank l Transfer antar bank BIFAST |
e-wallet: l Gopay l Ovo l Shopeepay l Dana l Linkaja |
|
Pembayaran: l PLN l PDAM l Telkom l Pasca Bayar Telpon l BPJS l PLN Non Taglis l TV Kabel l Pajak l Multi Finance l Gas/ PGN l Pajak Kendaraan |
Pembelian l Paket Data l Voucher Prabayar Telepon l Token Listrik l Voucher Game |
UtomoCash l Tarik Tunai Indomaret (segera hadir) |
Apa spesifikasi minimum handphone untuk install Utomobile?
Utomobile
saat ini kompatibel untuk:
- Android versi 8 (Oreo) ke atas, di handphone Android
- iOS versi 12 ke atas, di iPhone
Bagaimana jika handphone saya belum mendukung versi OS minimum Utomobile?
Mohon Maaf. Anda belum bisa mengakses Utomobile dari handphone Anda.
Apakah Utomobile punya biaya tambahan?
Ya, Utomobile terdapat biaya tambahan yaitu biaya admin transaksi yang terinci dalam tabel dibawah ini:
|
Fitur |
Limit |
Biaya Admin |
|
Transfer Antar Rekening |
25 Juta/ Hari |
Bebas Biaya |
|
Transfer antar Bank |
6.500 |
|
|
Tarik Tunai Indomaret |
5 Juta/ Hari |
7.500 |
|
Pembayaran |
PLN Pra/Pascabayar |
3.000 |
|
PLN Non Taglis |
5.000 |
|
|
PDAM Lampung |
2.800 |
|
|
Telkom |
2.500 |
|
|
Pascabayar Telepon |
||
|
Asuransi |
||
|
BPJS Kesehatan |
||
|
TV Kabel |
||
|
Pulsa |
Telkomsel, Indosat, XL/Axis, Three, Smartfren, |
1.500 |
|
e-wallet |
Gopay, ShopeePay, Ovo, Dana, LinkAja |
2.000 |
Siapa saja yang bisa jadi pengguna aplikasi Utomobile?
Warga Negara Indonesia berusia 17 tahun keatas, memiliki dokumen pendukung.
Kenapa saya perlu memasukkan email saat melakukan pembukaan Layanan Utomobile?
Anda perlu memasukkan email saat registrasi untuk
berbagai keperluan, seperti:
1. Menerima Password Awal (acak)
2. Menerima update terbaru dari Utomobile
Apa fungsi password di Utomobile?
Password
berfungsi sebagai kunci untuk masuk ke aplikasi, terutama saat Anda tidak
mengaktifkan biometrik.
Jangan pernah beritahukan password pada siapa pun, termasuk pihak yang mengaku
dari Utomobile / Pihak Bank untuk keamanan info pribadi dan transaksi Anda dan
mencegah orang lain mengakses akun Anda.
Apa yang terjadi jika koneksi di perangkat saya bermasalah saat melakukan Login Aplikasi Utomobile?
Maaf, Aplikasi Utomobile memerlukan koneksi internet untuk mengakses layanan utomobile / login
Saya ingin mengganti perangkat/device handphone saya, tapi nomor handphone saya tetap sama. Bagaimana cara masuk kembali ke Aplikasi Utomobile?
1.
Masuk ke aplikasi Utomobile melalui handphone baru.
2. Masukkan nomor handphone yang terdaftar di Utomobile.
3. Masukkan Username dan Password.
4. Masukkan kode OTP
Bagaimana Utomobile mengamankan data dan transaksi saya?
- Keamanan Utomobile dilengkapi dengan adanya PIN, password, login menggunakan biometrik, dan Kode OTP.
- Utomobile menyimpan kerahasiaan dan keamanan informasi diri yang Anda berikan. Penggunaan data Anda juga akan kami lakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Ada telepon mencurigakan mengatas namakan Utomobile atau BPR Utomo, saya bisa lapor ke mana ya?
Segera laporkan ke Call Center 0721-241222 melalui telepon / Email ke customer_care@utomobank.com, maupun dapat melalui Chat Whatsapp Resmi BPR Utomo, +628117270705
Bisakah saya mengubah nomor handphone?
Bisa, tetapi Anda harus datang kekantor BPR Utomo untuk pengkinian data diri Anda.
Perangkat handphone saya hilang, apa yang harus saya lakukan?
Jika handphone Anda hilang, ini yang harus Anda lakukan:
- Segera menghubungi call center di 0721-241222 untuk melakukan pemblokiran.
- Masuk ke aplikasi Utomobile melalui handphone baru.
- Masukkan nomor handphone lama.
- Masukkan Username dan Password.
- Masukkan OTP.
- Segera ubah password Anda untuk langkah pengamanan tambahan.
Apa Itu Login Biometrik di Utomobile?
Login biometrik adalah cara cepat untuk login ke
dalam aplikasi Utomobile menggunakan fitur Face Recognition (IOS) atau
Fingerprint (Android) di handphone Anda.
Berikut cara mengaktifkan login biometrik untuk login Utomobile melalui
Pengaturan di handphone Anda:
- Pastikan Anda sudah mengaktifkan Face Recognition/Fingerprint di handphone.
- Masuk Ke Menu Pengaturan, Lalu Ke Menu Pengaturan Login
- Tap “Aktifkan Fingerprint/Face ID Login” untuk mengaktifkan/menonaktifkan fitur login biometrik.
Bagaimana cara transfer uang ke sesama rekening BPR Utomo?
Masuk ke menu Transfer di Utomobile, pilih menu rekening sendiri atau antar utomo terus ikuti langkah ini:
- Pilih rekening tujuan
a. Bisa dari nomor rekening yang sudah pernah disimpan
b. Bisa juga input nomor rekening baru - Masukkan nominal uang yang akan dikirimkan
- Anda bisa tulis catatan (opsional)
- Masukkan PIN
- Selesai!
Apakah ada biaya jika transfer ke sesama rekening BPR Utomo?
Tidak ada. Anda bebas transfer ke sesama pemilik rekening BPR Utomo.
Apakah ada biaya jika transfer ke bank lain pakai Utomobile?
Anda akan dikenakan biaya transfer sesuai dengan metode pengiriman.
Bagaimana cara melihat histori transaksi di Utomobile?
Histori transaksi bisa Anda cek dengan klik Menu 'Riwayat', pilih tanggal lalu masukan PIN.
Saya tinggal di luar negeri, apakah saya bisa menggunakan Utomobile?
Mohon maaf saat ini layanan Utomobile hanya dapat digunakan di Indonesia.
Apa itu BI-FAST?
BI-FAST
adalah infrastruktur Sistem Pembayaran ritel nasional yang dapat memfasilitasi
pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat
(24/7).
Layanan BI-FAST sudah bisa kamu akses di aplikasi Utomobile melalui menu
transfer dengan minimum transaksi sebesar Rp10.000 dan maksimal Rp250.000.000
Bagaimana Cara Transfer Menggunakan BI-FAST dari Utomobile ke Bank Lain?
1. Didalam Menu Transfer, Pilih Menu Antar Bank BIFAST
2. Pilih Nomor rekening sumber dana
3. Klik kolom pencarian dan masukkan nama Bank tujuan transfer
4. Masukan Detail Transfer yang diminta pada kolom yang tersedia, pastikan semua data yang dimasukan tidak salah. Klik Kirim
5. Sebelum melakukan transfer, cek kembali semua detail data transfer yang diinput, pastikan kembali tidak ada yang salah, lalu klik KONFIRMASI
6. Masukan 6 digit PIN Utomobile, lalu klik KIRIM
7. Setelah berhasil, akan muncul pada layar Bukti Transfer, untuk kembali ke halaman awal, Klik BERANDA
Apakah transaksi yang sudah terjadi bisa dibatalkan?
Transaksi yang sudah terjadi dan berhasil secara sistem tidak dapat dibatalkan. Namun jika transaksi yang sudah terjadi dan gagal secara sistem serta saldo sudah kembali masuk, maka Anda dapat mencoba kembali transaksinya.
Bagaimana jika terjadi gagal transaksi dan saldo belum kembali?
Jika transaksi gagal dan saldo belum kembali ke rekening, maka Anda bisa menghubungi call center BPR Utomo di 0721-241222
Bagaimana bila status transaksi berhasil dan saldo sudah terdebet namun uang belum diterima oleh rekening bank tujuan
Jika menemui kasus seperti ini, Anda bisa menghubungi BPR Utomo di 0721-241222 untuk memastikan status transaksi. Jika status transaksi sudah sukses, maka penerima dapat menghubungi pihak bank tujuan untuk memastikan status transaksi di pihak bank tujuan
Bagaimana cara membeli paket data dengan Utomobile?
1. Didalam Menu Pembelian, Pilih Menu Paket Data
2. Pilih 1 nomor rekening yang menjadi sumber dana pembayaran
3. Pilih Nominal yang diinginkan
4. Masukan Detail Transaksi yang diminta pada kolom yang tersedia, pastikan semua data yang dimasukan tidak salah. Klik Kirim
5. Sebelum melakukan transfer, cek kembali semua detail data pembelian yang diinput, pastikan kembali tidak ada yang salah, lalu klik LANJUT
6. Masukan 6 digit PIN Utomobile, lalu klik KIRIM
7. Setelah berhasil, akan muncul pada layar Bukti Transfer, untuk kembali ke halaman awal, Klik BERANDA
Berapa biaya transaksi paket data di Utomobile?
Biaya transaksi akan dikenakan sesuai ketentuan provider.
Apa saja e-money yang bisa di-top up lewat Utomobile?
Saat ini, e-money yang bisa Anda top up di Utomobile adalah GoPay, OVO, Dana, Shopepay dan LinkAja.
Berapa nominal minimum untuk top up e-money di Utomobile?
Nominal minimum top up e-money di Utomobile adalah Rp10.000
Bagaimana cara top up e-money di Utomobile?
Pilih menu e-money, setelah masuk terdapat beberapa pilihan e-money yaitu: Gopay, Ovo, Shopee Pay, Dana, Link Aja. Pilih salah 1 e-money dan isi semua data yang diminta oleh aplikasi.
Bagaimana cara membatalkan transaksi di Utomobile?
Semua transaksi yang telah dilakukan tidak bisa dibatalkan dengan alasan apapun.
Bagaimana cara mengatur transaksi sebagai favorit?
Pada tampilan transfer, terdapat pilihan Simpan daftar favorit, pilih menu tersebut dan masukkan nama pemilik rekening tersebut.
Bagaimana cara mencari lokasi Kantor BPR Utomo terdekat dari lokasi saya saat ini?
Pada Aplikasi Utomobile, Pilih Bantuan, Lalu Pilih Jaringan Kantor atau dengan Kunjungi website kami di www.utomobank.co.id pilih menu Jaringan – Cabang
Bagaimana cara menampilkan/menyembunyikan saldo Utomobile?
Pada tampilan menu awal masuk, terdapat gambar mata di sebelah tampilan jumlah saldo rekening. Anda bisa menekan gambar mata tersebut untuk menyembunyikan jumlah saldo yang anda miliki.
Bisakah saya menutup rekening BPR Utomo dan menutup Layanan Utomobile?
Penutupan rekening dan layanan utomobile hanya bisa dilakukan di kantor BPR Utomo.
Umur saya belum 17 tahun, apakah saya bisa memiliki Utomobile?
Maaf, untuk sekarang Anda belum bisa memiliki Utomobile. Karena syarat registrasi Utomobile harus memiliki KTP.
Saya lupa PIN saat mau bertransaksi?
Data ke Kantor BPR Utomo Terdekat, isi formulir pemeliharaan layanan Utomoble, lalu serahkan pada petugas CS. Dan ikuti langkah-langkah selanjutnya
Saya lupa password?
1. Pada tampilan login awal, pilih menu Lupa Password
2. Masukkan username dan ikuti langkah-langkah selanjutnya
Ada transaksi mencurigakan di akun Utomobile saya, bisa dibantu?
Langsung hubungi kami di 0721-241222. Tim kami akan membantu Anda memblokir akun setelah melakukan proses verifikasi terlebih dulu.
Saya ingin mengubah informasi personal?
Saat ini pengikinian data hanya dapat dilakukan di kantor terdekat .
Apakah saya bisa menggunakan Utomobile di 2 handphone?
Anda hanya bisa menggunakan Utomobile di 1
handphone.