Kebijakan Privasi Utomobile
Bank Utomo berkomitmen untuk melindungi kerahasian informasi pribadi nasabah termasuk data pengguna layanan Utomobile. Kebijakan Privasi (“Kebijakan Privasi”) berlaku untuk semua informasi pribadi yang dikumpulkan oleh atau dikirimkan kepada Bank Utomo, baik luring dan/atau daring termasuk namun tidak terbatas pada informasi pribadi yang dikumpulkan atau dikirimkan melalui situs web, aplikasi, dan/atau melalui cara lainnya (“Data Pribadi”). Infomasi Pribadi baik berupa data pribadi maupun dana yang berada di Bank Utomo merupakan Rahasia Bank yang dilindungi oleh Bank serta mengacu kepada ketentuan Undang-Undang yang berlaku.
Kebijakan Privasi
- Data dan/atau informasi pribadi nasabah
Data dan/atau informasi pribadi nasabah adalah data dan/atau informasi, yang mencakup sebagai berikut: - Nama
Nomor Induk Kependudukan
Alamat
Tanggal lahir dan/atau umur
Nomor telepon
Nama gadis ibu kandung;
Email
Nomor Rekening Tabungan dan/atau
Data lain yang diserahkan atau diberikan akses oleh nasabah kepada ban - Penggunaan Data Pribadi
Bank Utomo tidak menjual, menukar atau memperlihatkan segala informasi yang berkaitan dengan layanan Utomobile kepada pihak manapun yang tidak berkepentingan. Semua transaksi perbankan nasabah dan informasi rekening lainnya disimpan secara rahasia sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia serta kebijakan internal Bank Utomo.
Pengamanan
Untuk memastikan keamanan sistem Aplikasi Mobile Banking Bank Utomo , maka aplikasi ini dilengkapi dengan fungsi pengamanan sebagai berikut :
- Aplikasi Utomobile terdapat pada sumber resmi di Play Store (untuk handphone / smartphone berbasis Android) dan App Store (untuk handphone / smartphone berbasis IOS) dan bukan dari unknown source yang didapatkan dari sumber yang tidak terpercaya.
- Bank Utomo menggunakan teknologi enkripsi Secure Socket Layer (SSL) pada aplikasi layanan Utomobile dan menggunakan 2 Perangkat Firewall untuk menjamin kerahasiaan dan keamanannya, yang akan melindungi komunikasi antara perangkat Nasabah dengan server Bank Utomo.
- Pengamanan pada Utomobile menggunakan metode time out session selama 7 (Tujuh) menit.
- Password aplikasi terdiri dari 8 (delapan) digit alpha numerik yang berfungsi untuk mengakses aplikasi yang terdapat di ponsel nasabah setiap kali akan menggunakan aplikasi. Penggantian password aplikasi ini diharuskan secara sistem (forced by system) pada saat pertama kali nasabah melakukan aktivasi Layanan Utomobile.
- M-PIN atau Pin transaksi yang terdiri dari 6 (enam) digit numerik yang berfungsi untuk otorisasi transaksi Finansial.
Untuk memastikan proteksi pengguna dalam melakukan akses ke Aplikasi Utomobile Bank Utomo, Pengguna mohon untuk melakukan hal – hal sebagai berikut :
- Menjaga kerahasiaan username dan password login Aplikasi Utomobile, jangan beritahukan kepada orang lain, dan jangan menyimpan password aplikasi di tempat yang mudah dibaca orang lain
- Jangan memberitahukan M-PIN Aplikasi
Utomobile anda kepada siapapun, termasuk orang terdekat anda termasuk Petugas
Bank.
- Gantilah password aplikasi dan M-PIN
Utomobile Anda secara berkala, jangan menggunakan password atau PIN yang mudah
diterka, seperti :
a. Tanggal lahir anda
b. Nomor plat kendaraan anda, dll.
Pernyataan dan Persetujuan
- Bahwa informasi/data pribadi yang diberikan kepada Bank merupakan data yang benar dan sah oleh karenanya nasabah atau pengguna Utomobile memberikan Persetujuan kepada Bank untuk memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpan, menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, menyebarluaskan, menghapus dan memusnahkan sesuai dengan Kebijakan Privasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
- Bahwa nasabah atau pengguna Utomobile telah membaca, memahami dan menyetujui seluruh ketentuan yang terdapat dalam kebijakan privasi ini yang menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Syarat dan Ketentuan Utomobile;
- Membebaskan Bank dari segala tuntutan, gugatan, ganti rugi dan/atau klaim sehubungan dengan kegagalan pemrosesan transaksi layanan Bank, yang disebabkan ketidakakuratan/ketidak benaran informasi/data pribadi yang nasabah berikan kepada Bank;
- Bahwa nasabah atau pengguna Utomobile telah memberi persetujuan, ijin dan wewenang kepada Bank untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan memproses, mengelola serta memberikan akses atas informasi/data pribadi kepada mitra/pihak ketiga dengan tujuan-tujuan sebagaimana dimaksud diatas
- Seluruh pengungkapan/ penggunaan data dalam rangka penyediaan layanan akan dilakukan berdasarkan persetujuan pengguna, termasuk dalam hal apabila terdapat penambahan mitra dalam rangka penambahan layanan maka Bank akan meminta persetujuan terhadap penambahan.